Jum'at, 30 Oktober 2020
Follow:  
 
Adevertorial Pemkab Bengkalis
Program Beasiswa Dinas Pendidikan, usaha pemerintah majukan dunia pendidikan di Kabupaten Bengkalis
Selasa, 16-04-2019 - 15:16:16 WIB

Riauterdepan.com - Bengkalis – Sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Bengkalis dalam memajukan negeri junjangan ini, berbagai upaya yang telah digenjarkan pemerintah untuk mencapai target yang dimaksud salah satunya terkait sumber daya manusia (SDM), untuk membentuk SDM yang berkualitas perlu adanya upaya untuk mempersiapkannya, untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melaui Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, akan terus melakukan berbagai program untuk memajukan bidang pendidikan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.


Untuk program beasiswa di Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Diantaranya, melalui program beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) 2019. Untuk itu Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis menghimbau agar siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat se-Kabupaten Bengkalis, bersiap-siap mengikuti program beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) 2019 tersebut.


Dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Edi Sakura, ia menjelaskan Melalui beasiswa ADIK, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) memberi peluang bagi siswa di Papua dan daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) untuk berkuliah di perguruan tinggi se-Indonesia, dan untuk wilayah 3T, Bengkalis diberikan jatah peserta Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) sebanyak 40 orang. Mereka dipilih dan didaftarkan oleh Pemerintah Daerah saja dalam hal ini, Disdik Bengkalis.


"Upaya pemerataan akses pendidikan tinggi dilakukan pemerintah melalui berbagai cara. Salah satunya, beasiswa ADIK, Sebagai wilayah terluar dan terdepan, kita diberikan kesempatan untuk mencari dan menjaring calon mahasiswa asal Kabupaten Bengkalis untuk ikut program ADIK. Bagi yang lolos, pemerintah akan menyediakan biaya pendidikan, biaya hidup, dan pembinaan atau pembimbingan belajar secara khusus sampai tuntas" jelasnya.


Dijelaskannya lagi, "Pendaftaran 29 April sd 30 Mei 2019 melalui aplikasi http://adik.ristekdikti.go.id sedangkan tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBC) akan dilaksanakan pada tanggal 18 juni 2019 mkendatang,” jelasnya lagi


Sementara itu, Kepala Sub Bagian Penyusunan Program Disdik Bengkalis, Syafrizal menambahkan, berdasarkan hasil rapat pertengahan Maret 2019, dalam waktu dekat Disdik akan menggelar sosialisasi di Pulau Bengkalis dan Rupat.


"Saat ini kami sedang menunggu informasi tentang petunjuk teknis dan jumlah kuota pastinya. Sebab, 40 peserta diatas hanya peserta UTBC saja, dan formulir pendaftaran bisa diunduh melalui link form pendaftaran untuk SMA/form pendaftaran untuk SMK yang menempuh pendidikan di luar maupun dalam Kabupaten Bengkalis." papar Syafrizal


Sementara itu Kepala Bidang Beasiswa Roni menjelaskan bahwa program beasiswa dari dinas pendidikan hanya menyalurkan bagi penuntut ilmu yang berada di Kabupaten Bengkalis sedangkan untuk pelajar yang berada diluar Kabupaten penyalurannya melaui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis


“Untuk dinas pendidikan sendiri penyaluran Beasiswa, penyalurannya hanya untuk wilayah Kabupaten Bengkalis saja yakni sekolah dan Perguruan tinggi yang letaknya di Kabupaten seperti, STAI, STIE, POLITEKNIK dan dua perguruan tinggi lainnya di kecamatan Mandau,” jelas Roni


“Dan bagi peserta didik yang ingin mendapatkan beasiswa tersebut bisa langsung mengakses website kami, disana ada berbagai informasi mengenai berbagai program Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis termasuk informasi beasiswa” paparnya lagi.


Untuk mendukung program dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis tidak terlepas dari peran Dewan Perwakulan Rakyat (DPRD) Kabuapten Bengkalis sebagai pengesahan anggaran. Ketua Komisi IV DPRD Bengkalis, Sofyan menyatakan sangat mendukung tekad Pemerintah Kabupaten Bengkalis menjadikan Bengkalis sebagai kota pendidikan. Ia berharap Pemkab bisa segera mewujudkannya.


Dari segi pengalokasian anggaran, papar Sofyan, dengan APBD Bengkalis yang besar, rasanya tidak menjadi masalah dan DPRD tentunya sangat mendukung. Tinggal lagi bagaimana keseriusan dan kerja keras dari SKPD terkait sehingga tekad besar ini bisa terwujud, apalagi secara historis kota Bengkalis pernah menjadi kota pendidikan.


DPRD Kabupaten Bengkalis proritaskan pendidikan di negeri junjungan


Peran DPRD Kabupaten Bengkalis terhadap dunia pendidikan di negeri junjungan juga menjadi proritas, hal ini tersebut dianggap penting serta sudah menjadi kewajiban untuk terus mendukung dalam memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Bengkalis, salah satunya dengan mendukung program pemerintah daerah, dalam setiap usulan yang diajukan melalui dinas terkait maupun lembaga yang menyangkut dengan kemajuan pendidikan di Kabupaten Bengkalis.


Salah satu dukungan yang diberikan adalalah dengan memudahkan program pemerintah, dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Bengkalis, dimana pemerintah Kabupaten Bengkalis ditahun 2017 yang lalu menganggarkan beasiswa ditahun sebesar Rp4,19 miliyar sedangkan ditahun 2018  naik menjadi 10 persen menjadi Rp4,6 miliyar atau bertambah sesebar Rp400 juta rupiah. Bantuan yang diperuntuhkan bagi mahasiswa tersebut bisa di urus di Bagian Kesra Sekdakab Bengkalis.


“ini merupakan keseriusan Pemerintah Kabupaten Bengkalis terhadap dunia pendidikan di negeri junjungan ini, karena setiap tahunnya anggaran untuk dunia pendidikan terus mengalami peningkatan, kami dari dari DPRD tentunya sangat mendukung dan memprioritaskan program Pemerintah Kabupaten Bengkalis tersebut,” ungkap sofyan kepada riauterdepan.com saat ditemui dikediamanya di Desa Berancah Kecamatan Bantan Kaupaten Bengkalis Senin (15/04/2019).


Sofyan juga mengatakan jika Program yang berjalan selama ini tidak lepas dari kerja keras serta kominikasi yang baik yang dilakukan oleh pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis dengan DPRD Kabupaten Bengkalis, sehingga dengan terjalinya kerja sama yang baik segala program yang akan dilaksanakan bisa berjalan dengan lancar.


“Kita akui memang tidak mudah untuk mewujudkannya sebuah program. Banyak yang harus dipersiapkan, termasuk infrastruktur untuk menunjang Bengkalis sebagai kota pendidikan. Tapi kita sangat mendukung tekad tersebut karena akan memiliki dampak yang luar bisa jika terwujud,” ungkap Sofyan lagi.


Sebagai komisi yang membidangi masalah pendidikan, Sofyan optImis tekad tersebut bisa tercapai jika seluruh jajaran di Pemkab Bengkalis mendukungnya, terutama sekali satuan kerja perangkat daerah yang terkait langsung seperti Dinas Pendidikan.


“Jangan sampai ada kesan impian tersebut hanya keinginan tersebut dari Bupati saja, tapi harus menjadi keinginan semua pihak,” pesan Sofyan


Sejauh ini ia melihat Dinas Pendidikan sudah memulai upaya ke arah sana dengan berusaha meningkatkan mutu pendidikan di level bawah terlebih dahulu, salah satunya bagaimana mutu sekolah yang ada di kabupaten sama dengan sekolah yang ada di desa-desa terpencil.


“seperti contoh Program yang dilakukan Disdik untuk mendukung mencapai visi dan misi Pemkab untuk menjadikan Kabupaten Bengkalis sebagai kota pendidikan adalah program Jaringan Rintisan Cyber Education yang berbasis IT yang telah diluncurkan pada beberapa tahun ini, saya nilai sangat bagus. Tinggal lagi bagaimana Dinas Pendidikan menyiapkan perangkatnya sehingga bisa dinikmati semua sekolah yang ada di Kabupaten Bengkalis. Setelah itu bagaimana perawatan dan pemeliharaannya sehingga program ini bisa berjalan kontiniu ke depannya,” tutup Sofyan Memuji.


program beasiswa yang diadakan pemerintah melaui Dinas pendidikan sangat dirasakan oleh peserta didik apalagi bagi para orang tua mereka yang perekonomiannya lemah, bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis tersebut memang sangat di butuhkan untuk memberi peluang bagi anak mereka terbantu untuk mendapat pendidikan yang layak. 


Realita setidaknya terlihat ketika anggaran beasiswa disetiap tahunnya meningkat. Zuhair salah seorang tokoh masyarakat di Bengkalis memandang program Bupati Bengkalis untuk menciptakan Negeri junjungan ini menjadi Kota pendidikan.


"Terus terang saya melihat telah Pemda berbuat banyak bagi Pendidikan Kabupaten ini, ribuan Beasiswa dinikmati pelajar dan mahasiswa di Kebupaten Bengkalis, inikan bukti kerja nyata dari Pemda dan manfaatnya bagi masyarakat sangat dirasakan," ungkapnya pria yang akrab dipanggil datok itu.


Pria brewok itu juga menambahkan  program pemerintah tersebut jangan sampai digunakan untuk hal lain yang tidak berhubungan dengan pendidikan nantinya program tersebut akan sia-sia. 


"Gunakanlah beasiswa yang disalur pemeintah tersebut benar-benar untuk keperluan pendidikan bukan untuk hal lain, agar program beasiswa tersebut bermanfaat dan meringankan beban biaya pendidikan," tutup pria paruh baya menghimbau. (adv/komimfo)



 
Berita Lainnya :
  • Duta Besar Xiao Qian: Pompeo Sengaja 'Adu Domba' China-Indonesia
  • Jet Tempur F-5E Taiwan Jatuh Di Tengah Laut, Pilot Tewas Tenggelam
  • Silahkan Megawati Salahkan Demo Anarkis, Tapi Tidak Boleh Asal Tuduh Pada Milenial
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Warga NU dan Anshor Diimbau Tak Ikut Demo Tangkap Ahok
    2 Sebelum Membunuh, Ferhat Sempat Antar Istri ke Pasar
    3 Puluhan Ambulans Siaga di Pantai Nongsa Batam
    4 Saat Depan Istana Mencekam: Asap Membubung dan Kobaran Api di Jalanan
    5 Ini Lokasi Titik-titik Api yang Masih Menyala, Termasuk di Taman Aspirasi
    6 Turun Temui Demonstran, Kemeja Wiranto Terciprat Darah
    7 Ahok Minta Pengunggah Video Terkait Al Maidah Diperiksa
    8 Kepalah SMAN 4 Pekanbaru Short Course ke Korsel bersama Kemendikbud
    9 Menang Pilpres, Donald Trump Berjanji Akan Jadi Presiden Bagi Semua Warga AS
    10 Pria Ini Enam Kali Cabuli Anak Tirinya Berumur 9 Tahun, Korban Diiming-imingi Uang Rp 5000
     
    Galeri Foto | Advertorial | Rohil | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 RIAUTERDEPAN.COM, All Rights Reserved
    replica watchesreplica rolex watches