Inovasi Kreasi Perumda RHJ, Bangun Kerjasama Bisnis Maestro Seni Batik Rohul

Inovasi Kreasi Perumda RHJ Diapresiasi Wagubri Dan Bupati, Bangun MoU Bisnis Maestro Seniman Batik R

Riauterdepan.com ROKAN HULU-Setelah revisi Perda Investasi Perusahaan Daerah (Perumda) Rokan Hulu Jaya (RHJ), kini pihak Managemen melakukan inovasi dan kreasi, sehingga perusahaan kebanggaan masyarakat Negeri Seribu Suluk tersebut, sehingga dapat memberikan dampak serta kontribusi positif.

Kali ini, Perumda RHJ di bawah pimpinan Direktur Marjeni, melakukan inovasi kreasi dengan  karya Seniman Kabupaten Rohul, dengan salah seorang  Maestro Rohul bertalenta, Junaidi Syam.

Marjeni menyebut, langkah ini dilakukan dalam penghargaan kepada Seniman Kabupaten Rohul. "Bak nasehat orang tua terdahulu, kalau bukan awak  yang menggodangkan  dan menghargai karya seniman Rohul, siapo lai,” sebut Marjeni dengan logat khas Rohul, Sabtu (10/7/2021).

Lanjutnya, kerjasama dengan tokoh Seniman tersebut, diaktualisasikan dalam kontek pengembangan bisnis dengan memasarkan batik printing corak khas Kabupaten Rohul  

“Dengan terobosan ini kami berharap, selain dapat mengembangkan bisnis perdagangan Perumda RHJ, juga dapat mengembangkan khazanah budaya khas Kabupaten Rohul,” terang Marjeni.

Marjeni mengakui,  pada Selasa 6 Juli  lalu Perumda RHJ telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Junaidi Syam sekaligus launching Batik Corak Rohul di Pasar Modern.

“Ada tiga jenis batik khas Kabupaten Rohul yang diciptakan sang Maestro, yakni  Batik Suluo Kekaik, Batik Sesuli Banjar dan Batik Sicuriang,” terangnya lagi.

Ketiga motif asli Batik Melayu Rohul tersebut, sambungnya, sarat dengan makna dan filosofis, hal ini telah melalui kajian akademis yang digali langsung  Junaidi Syam dari akar budaya asli Bumi Rohul, dituangkan dalam suatu sinopsis dan tentu dapat dipertanggung jawabkan.

“Sudah terdaftar di Kemenkumham dengan  pemegang hak cipta (Meratau Paten) adalah Perumda Rokan Hulu Jaya,” tutur Marjeni.

Sedangkan, harga batik khas Rokan Hulu tersebut, Marjeni mengatakan batik dijual dengan harga murah yakni Rp.110.000 Per meter (Termasuk PPN).

“Bagi yang berminat bisa membeli di Pasar Modern atau pesan kepada Marketing Perumda RHJ, Kasmawati di no hp +62 812-6886-3273,” sebutnya.

“Mari kita populerkan Batik Corak Rohul untuk melestarikan khazanah budaya daerah kita ini, sambil mengembangkan ekonomi kreatif anak negeri untuk meningkatkan PAD Negeri Seribu Suluk,” tambahnya.

Atas inovasi tersebut, ternyata mendapat respon positif Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Jenderal TNI Purn H Edi Natar Nasution memberikan apresiasi kepada Perumda RHJ 

Kata Wagubri, Managemen Perumda RHJ membawa produksi batik perdana yang hak ciptanya, sendiri dilakukan Putra Riau sendiri Bapak Junaidi Syam atau dikenal dengan Pak Jokobet.

"Saya melihat ada tiga jenis Batik, ini perkembangannya sangat luar biasa, kita berharap kedepan kreasi-kreasi seperti ini bisa menjadi untuk dikembangkan lagi, khususnya Rohul ini," katanya lagi.

"Saya sebagai putra Rohul  juga kedua orang tua saya  di Rohul, merasa sangat bangga dengan perkembangan ini, mudah-mudahan kedepan  apa  yang sudah dilakukan ini bisa lebih baik," cetus Wagubri mengapresiasi.

Apresiasi berikutnya, Bupati H Sukiman bersama Wakil Bupati  (Wabup), H Indra Gunawan  mengetahui  dilakukannya launching Batik asli Negeri Seribu Suluk, ikut memberikan apresiasi dan bangga terhadap karya anak bangsa tersebut.

H Sukiman mengaku menyambut dengan gembira serta memberi apresiasi yang setinggi tingginya kepada Seniman Rohul, Junaidi Syam dan Marjeni selaku Dirut Perumda RHJ atas kerjasamanya yang baik.

“Sehingga keduanya mampu membuat dan memasarkan Batik Melayu Rokan Hulu yang merupakan sejarah bagi masyarakat Rokan Hulu sendiri,” tutur yang pernah menjabat Dandim Inhil pada masanya

Sementara di tempat berbeda, Wakil Ketua DPRD Rohul Nono Patria Pratama SE juga memberikan juga turut memberikan apresiasi atas program strategis dari Perumda RHJ di bidang  usaha, khususnya kini memproduksi Batik.

Hal ini, terangnya,  perlu dukungan dan dorongan dari semua pihak. "Bahkan kita di DPRD Rohul sudah membuat regulasi baru terkait itu," paparnya.

Atas ada usaha  bidang usaha baru tersebut, jelas Nono, legislator  yang dikenal Vokal di DPRD Rohul, tentu potensinya sangat strategis untuk dikembangkan, kemungkinan implikasinya nanti bisa dikembangkan berupa home industri di tingkat masyarakat.

"Kita meminta kepada  Pemkab Rohul, untuk terus mendorong pertumbuhannya kedepannya, bila perlu dilakukan pembinaan dan  pelatihan bagi  para pegiat UKM (Usaha Kecil Menengah) maupun  home industri," pungkas Nono Patria Pratama SE yang juga Sekretaris DPD Partai Golkar Rohul ini.